Apa Peranan Notaris Dalam Jual Beli Rumah?

Masihkah Anda bingung dengan prosedur jual beli rumah? Baik untuk Anda yang ingin menjual rumah maupun membeli rumah, maka nantinya Anda akan berurusan dengan notaris. Ya, berhubungan dengan notaris memang tidak semua orang mengalaminya. Namun untuk orang yang telah memiliki pengalaman menjual rumah atau membeli rumah secara resmi dan sesuai prosedur, pastinya memiliki pengalaman berhubungan dengan pihak notaris atau juga disebut PPAT. Sesuai namanya, notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah akan mengurus pembuatan akta. Pembuatan akta ini begitu penting untuk proses jual beli rumah. Tahukah Anda di mana peran notaris dan apa hubungannya dengan akta? Agar lebih jelas, ikuti terus ulasan Peranan Notaris dalam Jual Beli Rumah berikut ini.

Inilah Peranan Notaris dalam Jual Beli Rumah

Peranan notaris saat terjadi transaksi jual beli rumah sangatlah vital. Notaris akan menjadi orang atau dalam hal ini disebut sebagai pejabat pembuat akta tanah yang akan menghasilkan akta jual beli. Akta jual beli merupakan salah satu dokumen yang menunjukkan sahnya sebuah transaksi jual beli baik tanah, rumah, maupun sejenisnya. Tanpa adanya notaris, maka tidak akan didapatkan akta jual beli. Tanpa adanya akta jual beli, maka sertifikat rumah tidak bisa berpindah tangan secara legal dan konversi kepemilikan tidak diakui secara hukum. Bagaimana tidak, pengurusan balik nama atau peralihan hak yang menghasilkan sertifikat dengan nama pemilik baru tidak akan bisa didapatkan tanpa adanya akta jual beli. Maka dari itu, bisa dibilang tanpa adanya notaris maka jual beli rumah pun tidak akan terjadi dimata hukum. Sertifikat rumah yang masih atas nama pemilik lama tidak akan bisa diakui oleh pemilik baru dan bahkan meskipun transaksi uang sudah luas namun rumah yang diperjualbelikan masih menjadi pemilik lama dimata hukum.

Selain itu, notaris juga biasanya menjadi sahabat dari penjual atau pembeli rumah. Jasa notaris dibutuhkan untuk mengurus semua urusan jual beli tanah agar sesuai prosedur dan bisa menyelesaikan urusan jual beli rumah sesegera mungkin.

Cara Menghitung Pajak Pembeli dalam Jual Beli Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *